top of page

ELT PLT Gathering, 12 November 2014 “GAMIFICATION”

Wow!!! Gathering kali ini berbeda dari gathering-gathering sebelumnya. Kali ini antusiasme para peserta ELT PLT sangat besar untuk mengikuti gathering ini yang diadakan hari Rabu 12 November 2014 pukul 08.00-12.00, di Apartemen Boulevard. Sedikit banyak dikarenakan materi yang dibahas sesuatu yang berbeda dan dirasakan peserta penting untuk member insight baru, membuka wawasan baru dan memberi pengalaman yang berbeda. Tentu saja ini hal yang wajar karena istilah Gamification bukanlah sesuatu yang terlalu familiar untuk saat ini kecuali untuk kalangan tertentu. Kalaupun pernah mendengar istilahnya tapi belum tentu memiliki pemahaman yang benar tentang istilah ini terutama jika dikaitkan dengan dunia kerja dan secara khusus mengapa ini menjadi penting untuk diketahui para trainer.

Semua rasa ingin tahu peserta secara luar biasa dapat diakomodasi melalui sharing yang diberikan oleh Bp. Arif Rudiana dari PT Telkom Indonesia & Bp. G. Alrianto Djunaidi dari BCA. Sudah barang tentu ini terjadi karena mereka berdua berbicara tidak hanya berdasarkan teori tapi juga karena mereka seorang praktisi yang membangun sistem dan menerapkan pendekatan ini diperusahaan tempat mereka bekerja. Gaya sharing mereka yang sistematis namun fun membuat peserta bisa menangkap setiap hal yang disharingkan dengan sangat mudah. Mereka juga sangat terbuka dan jelas menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan peserta tentang Gamification ini.

Rata-rata peserta merasa terinspirasi dengan pendekatan baru yang akan menjadi trend training masa depan ini. Gamification yang merupakan inovasi baru yang memadukan konsep strategic management, management control system, sistem informasi, dan game ini dirasakan peserta merupakan sebuah alternatif pendekatan menarik baru untuk mengubah perilaku SDM di tempat kerja mereka sesuai dengan learning outcome yang mereka harapkan.

Berikut beberapa kesan spontan para peserta tentang Gamification ini:

“Nice sharing from both of the speakers. Update my knowledge about gamification & inspire me to design one in the company”

(Fidianti, ELT)

“Menarik, menjadi tahu manfaatnya dan bisa sangat bagus diaplikasikan untuk memotivasi staf” (Hendry Candra, ELT)

“Presentasi yang bagus! Materinya sangat menarik dengan penguasaan materi yang sangat baik dari para pembicara sehingga mudah untuk dipahami”

(Regina PLT)

“Yes, dapat ide baru yang bisa diterapkan di workflow yang tersistem sehingga karyawan tidak bosan dan mau melakukannya secara terus menerus.” (Pearly Martinelly, ELT)

So… let’s play to innovate!

Salam MWS!


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page