ELT-PLT gathering MWS Indonesia “Insightfull Presentation”, Maret 2014


Presentasi Menentukan Prestasi

Mengapa presentasi kita selalu membosankan? Bagaimana sih caranya membuat presentasi yang menakjubkan hingga mendapatkan kredit plus dari pendengarnya? Mengapa ketakutan akan public speaking (presentasi, red) melebih ketakutan apapun di dunia ini? Bagaimana trik dan tip menuangkan ide-ide dalam gambar-gambar slide yang menarik? Persiapan apa yang diperlukan sebelum membuat slide presentasi yang menarik? Mengapa kita “selalu” grogi ketika berbicara di hadapan banyak orang?

Sangat menakjubkan mendengar jawaban-jawaban taktis LANGSUNG dari penulis buku INSIGHTFULL PRESENTATION, bpk Andi Iskandar pada ELT-PLT gathering yang digagas oleh MWS Indonesia 22 Maret 2014 lalu di apartemen Boulevard. Seolah seluruh kebingungan dan pertanyaan di atas terjawab hanya dalam 2 jam efektif mendengarkan sharing bpk Andi. Para peserta benar-benar belajar langsung mengenai tips atau trik “insightfull presentation” bagaimana membuat slide presentasi untuk mengemas ide yang brilliant, ketika melihat slide-slide presentasi bpk Andi. Sungguh moment pembelajaran yang mencerahkan.

Ada 3 hal penting yang menentukan apakah presentasi itu menarik atau tidak. Ide-presenter dan SLIDE. Slide sebagai visualisasi ide ini menggambarkan sepenuhnya maksud dari presenter dalam penyampaiannya. Karena itu slide turut menentukan keberhasilan sebuah presentasi. Dalam pelaksanaannya ketiga hal tersebut menjadi KERANGKA yang patent untuk menjadikan sebuah presentasi berdaya guna, yaitu:

  1. Story: layaknya sebuah film, kita mesti membuat story board untuk presentasi kita, di mana dapat menetapkan alurnya, menuangkan emosi ke dalam presentasi tersebut dan menentukan di mana klimaks maupun antiklimaks presentasi tersebut.

  2. Design: design sebaiknya sederhana, menampilkan harmoni supaya yang memandangnya merasakan harmonisasi tersebut.

  3. Delivery: Tampillah dengan penuh semangat dan antusiasme. Think your audience! Pusatkanlah perhatian pada pendengar. Ini merupakan tips untuk mengurangi kecemasan dan mengurai adrenalin yang mengalir deras sesaat sebelum tampil.

Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto pernah mengatakan hal ini mengenai presentasi, bahwa satu dari 3 hal yang membuat kita sukses adalah PRESENTASI. Presentasi menghasilkan prestasi. Ungkapan Kuntoro tersebut seolah menegaskan kelas presentasi yang digagas oleh MWS Indonesia untuk para elt dan plt ini benar-benar powerful. Sebagian peserta menyatakan kekagumannya untuk pertemuan singkat tapi bermakna ini. Inspiring! Luar biasa untuk trik dan tips yang sangat sederhana tapi berdaya guna! Terima kasih MWS, terima kasih bpk. Andy.

Berikut beberapa kesan spontan para peserta Insightfull Presentation ini:

“Presentasi luar biasa dari Pak Andy benar-benar menjadi modal yang berharga bagi para trainer…..” (Eka Wartana, PLT)

“Terpandang cerdas karena cerdas presentasi………” (Betty Manulang, ELT)

“Presentasi yang bagus! Berisi hal-hal taktis yang dapat diaplikasikan dan sangat berguna untuk para ELT dan PLT…….” (D. Surya R. PLT)

“Good workshop,…..real and amazing……we can learn much to be a good trainer.” (Thomas Kristo, ELT)

Salam MWS

Rudi Tamrin.


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • Facebook - White Circle
  • Twitter - White Circle
  • LinkedIn - White Circle

© 2016 by rowenkuro