“Decision Making - Miniworkshopseries”, Maret 2014


PUTUSKAN SEKARANG!

Kondisi manusia sekarang ini (sebagian orang menyebutnya nasib orang sekarang ini) sangat ditentukan oleh keputusan-keputusan yang dibuatnya pada waktu sebelumnya. Unfortunately, banyak orang sering merasa tidak bahagia dengan akibat dari keputusannya tersebut, sekalipun tampaknya keputusan itu sudah yang terbaik. Buktinya tidak sedikit orang yang selalu berujar “ah, seandainya”, “duh, nyesel saya kenapa tidak pilih yang itu ya”. Masih banyak lagi alibi lain yang menunjukkan betapa soal keputusan menjadi persoalan penting bagi kebanyakan orang. Rupanya ada yang salah dengan cara kita mengambil keputusan dan bagaimana kita menyikapi keputusan yang kita sudah buat, begitu kira-kira kata bpk. Eka Wartana PLT yang mengupas tuntas prosedur-prosedur pengambilan keputusan yang tepat pada “Decision Making - Miniworkshopseries” yang sukses digelar tanggal 22 Maret 2014 yang lalu.

Dengan gayanya yang tenang, santai dan khas, bpk Eka Wartana PLT mengajak para peserta yang berjumlah 35 orang untuk berpikir dan mengkaji kembali proses pengambilan keputusan yang biasa dilakukan. Pengambilan keputusan yang baik adalah jantung manajemen yang baik. Tiap keputusan membutuhkan tindakan; tiap keputusan memiliki konsekuensi; DAN tiap keputusan tidak permanen, tapi keputusan yang kita buat pada saat itu adalah pilihan yang terbaik dari sekian banyak pilihan. Nah, tanggung jawab sangat dibutuhkan sebagai sikap kita terhadap keputusan yang sudah kita buat dan yang tak dapat kita ubah lagi.

Keputusan sering diidentikkan dengan kegiatan memilih ketika kita diperhadapkan pada sebuah masalah. So, tiga tahap yang merupakan siklus dari kegiatan pengambilan keputusan yang perlu disadari adalah ‘bagaimana kita mengindentifikasi masalah”, “mengumpulkan alternatif pilihan”, dan mengeliminasi alternatif-alternatif yang ada hingga menyisahkan satu pilihan yang mesti kita ambil”. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang managerial, bpk Eka menguraikan satu-persatu dengan baik setiap tahapan tersebut dikaitkan dengan Mindweb, tekhnik berpikir tanpa mikir, temuannya yang cukup spektakuler itu.

Menarik mendengar salah satu komentar peserta terhadap proses dinamika kelas ini. “Kita akan sulit mencerna pembelajaran ini (apapun) jika kita tidak mengosongkan kepala kita dari asumsi atau apapun yang membuat kita enggan menyerap informasi baru. Nah, setelah saya mengosongkan pikiran saya, barulah saya melihat soal keputusan ini dari sisi kebaharuannya.” Saya melihat relevansi komentar ini dengan proses pengambilan keputusan. Bahwa setiap pengambilan keputusan membutuhkan keberanian (kerelaan) kita untuk mengosongkan pikiran kita dari berbagai alternative yang memenuhi kepala kita yang sering menghambat kita untuk menentukan pilihan demi sebuah keputusan. Dengan mengosongkan pikiran, kita akan lebih jernih untuk memilah-milah pilihan dan akhirnya melihat dengan jelas pilihan yang kita ambil untuk sebuah keputusan.

Semua peserta merasa puas dan memberikan kesan yang sangat baik pada proses dan kedalaman materi DECISION MAKING yang dibawakan secara mendalam oleh bpk. Eka sampai-sampai waktu 4 jam terlalu singkat untuk soal yang begitu penting dalam kehidupan kita ini. Walaupun beberapa peserta menyayangkan singkatnya waktu yang tersedia untuk materi yang berbobot ini. Beberapa komentar peserta berikut ini menggambarkan antusiasme peserta terhadap kelas DECISION MAKING ini:

“Dengan mengikuti workshop ini keputusan-keputusan yang akan saya ambil bisa lebih matang dan dapat dipertanggungjawabkan……” (Maryana Markus, PT Camiloplas Jaya Makmur)

“Saya sangat senang karena bisa memberikan manfaat yang sangat penting untuk perkembangan diri saya………” (Grenald Moningka, PT. Cahaya Persona)

“Luar biasa………..kontekstual………….” (Yuvensius Pangkus, Yayasan Diananda)

“Memperkaya dan menambah inspirasi baru…cukup membantu dalam pekerjaan.” (Vincentius Eka Yunianta, PT. Duta Paramindo Sejahtera)

“Sangat bagus sekali materi Decision Making dan sangat bermanfaat untuk pekerjaan saya sehari-hari yang membutuhkan ketrampilan memutuskan dengan baik………” (Kusuma Dewi, PT. Mitra Investama Perdana)

“Saya dapat pelajaran baru untuk mengambil keputusan yang tepat dan dapat diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari…………..”(Ardiana Jumawan, PT. Camiloplas Jaya Makmur)

“Melalui MWS ini banyak pengetahuan baru dalam saya mengambil keputusan, walaupun dalam keseharian kerja atau kehidupan kita sudah terbiasa mengambil keputusan…….” (Armelia Aurora, PT. NTT Indonesia)

“Workshop ini sangat menarik karena merupakan tekhnik baru bagi saya dalam memahami decision making. Tentunya hal ini sangat berpengaruh dan menambah menambah pengetahuan saya dalam mengambil keputusan nantinya…………” (Dwian Oktavianto M., ADR Group)

Salam MWS

Rudi Tamrin


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags